Tutorial Admin Tenant

Tutorial Bagi Administrator Tenant

Jika ada adalah administrator salah atu teant pada ASN Unggul maka anda telah tiba pada halaman tutorial yang tepat.

USER INTERFACE

1. Pengenalan User Interface

Tenant adalah LMS lengkap yang terintegrasi dengan ASN Unggul. Administrator sebuah tenant tidak memiliki akses ke area administrator tenant lainnya sehingga masing-masing dapat mengelola tenant secara independen.

Tenant pada ASN Unggul mengunakan theme Moove yang sederhana, rapih dan nampak profesional. Meskipun Admin Tenant dapat mengganti theme dengan beberapa alternatif yang tersedia, direkomendasikan mempertahankan theme Moove.

Video ini memperkenalkan secara singkat Interface bagi admin

2. Customisasi Halaman Depan

Agar LMS Tenant mencerminkan identitas organisasi pemiliknya maka Admin dapat melakukan sejumlah penyesuaian, seperti logo, nama, tagline dan bahkan grafik latar. 

3. Membuat Menu

Untuk memudahkan peserta mengakses bagian-bagian penting dalam tenant, Administrator dapat membuat menu horisontal pada bagian atas halaman. Menu tersebut dapat ditautkan dengan halaman internal seperti dashboard, daftar pelatihan dan sebagainya. Menu dapat pula ditautkan dengan link eksternal seperti webiste terkait.

KONTEN PEMBELAJARAN 

4. Pembuatan Pelatihan baru

Video 1

 

Video 2

 

REGISTRASI PESERTA

Registrasi adalah proses membuat akun (username dan password) yang akan digunakan oleh pengguna untuk masuk ke LMS tenant anda. Mereka yang sudah  tergisrasi, atau sudah punya akun disebut authenticated users (pengguna terotentikasi) namun belum bisa mengikuti pembelajaran yang anda tawarkan, tetapi baru sebatas melihat-lihat materi pembelajaran dan pelatihan yang anda tawarkan. Untuk dapat mengikuti pelatihan maka autheticated user harus terdaftar pada pelatihan yang akan diikutinya melalui proses enrolment atau pendaftaran.

Video dibawa ini membantu anda melakukan keduanya, meregistrasikan pengguna dan kemudian mendaftarakan mereka sebagai peserta pada pelatihan. 

5. Meregistrasikan Pengguna Satu per Satu

Cara ini digunakan jika jumlah peserta yang akan diregistrasi tidak terlalu banyak, atau hanya tambahan peserta susulan. Pembuatan akun sepenuhnya dilakukan oleh Admin. Setelah akun tercipta maka admin mengirimkan username dan password kepada peserta melalui email, SMS, WhatsApp atau cara lain yang dianggap aman. 

 

6. Meregistrasikan Pengguna Secara Massal

Metode ini cocok untuk meregistrasikan calon pengguna yang jumlahnya banyak, misalnya suatu pelatihan dengan jumlah peserta 30-40 orang. Registrasi dilakukan sepenuhnya oleh Admin Tenant untuk membuat akun pengguna secara batch dan mendaftarkan mereka menjadi peserta pada pelatihan secara batch pula dengan menggunakan file csv yang dibuat dengan excel atau text editor. Akun yang tercipta dikirim oleh admin kepada masing-masing peserta melalui email, SMS, WhatsApp atau cara lain yang dianggap aman.    

Video 1

Video 2

 

7. Registrasi Mandiri berbasis e-Mail

Metode registrasi ini dilakukan sendiri oleh calon pengguna tanpa bantuan Admin. Namun demikian Admin harus terlebih dahulu mengaktifkan fungsi registrasi via email pada sistem. Peserta diminta mengisi form yang didalamnya ada isian wajib (username dan password yang diinginkan dan alamat email aktif) dan beberapa isian opsional sesuai kebijakan pelatihan (misanya nomor telepon, asal organisasi dn sebagainya). Penggunaan metode ini memerlukan kehati-hatian agar meringankan pekerjaan Admin tanpa mengkompromikan keamanan.

Tips keamanan:

Batasi masa registrasi dan wajiban calon pengguna melakukan registrasi dalam jendea waktu yang disediakan. Bagi yang telambat, bisa dibantu oleh Admin melalui cara manual seperti pada tutorial 5 di atas. 

Video 1

Video 2

ENROLMENT

8. Mendaftarkan Peserta dan Pengajar pada Pelatihan

Hanya pengguna terdaftar atau authenticated users, yakni  mereka yang sudah memiliki akun aktif yang bisa didaftarkan pada pelatihan tertentu. Cara meregistrasikan calon pengguna sudah dijelaskan pada tutorial sebelumnya. Enrolment atau pendaftaran adalah proses memberikan akses bagi pengguna terdaftar pada pelatihan tertentu. Pada saat seorang pengguna didaftarkan maka sekaligus diberi peran tertentu, misalnya peserta, pengajar atau istilah lain yang digunakan. LMS Tenant anda mendukung bebera paperan dengan level privilege masing-masing.  

Alamat

Jalan Veteran No.10, Kecamatan Gambir, Kota Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 10110, Indonesia.